Antum Bertanya Kami Menjawab

KLIK - HALAMAN UTAMA - KLIK
Image by Cool Text: Free Graphics GeneratorEdit Image

Yang Sering Ditanyakan (di-edit tgl.30/05-2012).

Hal-hal yang sering  ditanyakan kepada kami dan yang perlu diketahui oleh antum adalah:

1. Apakah Bayar agar bisa bekerja keluar negeri? Bila ya, berapa nominalnya?

Tentu bayar, yang harus dibayar adalah biaya medical check-up sebesar Rp.500rb, biaya GAMCA sebesar Rp.1jt, dan biaya proses. Biaya proses tersebut diperuntukkan untuk pengadaan informasi lowongan kerja dan elemen-elemennya seperti: penerjemahan dokumen-dokumen & rekom passport, persiapan untuk stamp visa di Kedutaan, keluar cap stempel visa dari Kedutaan Saudi dan menunggu sampai passport turun dari Kedutaan, setelah itu pendaftaran online PAP, mengikuti program PAP selama 1 (satu) hari, pengurusan pajak Kedutaan, penandatanganan kontrak kerja, pajak viskal, booking tiket penerbangan, dan handling bandara sampai penerbangan. Namun, biaya proses pemberangkatan tersebut bisa dibayar secara cuma-cuma oleh pihak employer, bisa juga dibayarkan sebagian oleh employer kemudian sisanya oleh TKI dengan sistem potong gaji tanpa bayar di awal, atau dibayarkan sebagian oleh employer dan sisanya dibayarkan oleh TKI dengan pembayaran potong gaji dengan ada biaya awal, atau bisa juga pembayaran biaya proses dilimpahkan seluruhnya kepada TKI. Harga yang ditemukan antara 1 (satu) PJTKI dengan yang lainnya pasti berbeda, sebab beda pula lowongan-lowongan yang ada. Selain itu, yang namanya biaya untuk pembayaran JASA tidak ada patokan resminya. Nah, apabila ada yang beranggapan bahwa biaya dari kami adalah mahal maka silahkan cari yang lebih murah dari kami. Bagi para pelamar lowongan yang ada di Saudi, anggap saja biaya tersebut adalah biaya untuk pergi umroh ataupun Haji sebab bagi yang ingin umroh ataupun Haji ke Saudi dengan biaya yang jauh lebih murah dan waktu menunggu yang lebih singkat, maka inilah cara terbaik untuk menempuhnya!!!

Sebelum tahun 2000, mayoritas employer rela untuk menanggung pembiayaan secara FULL dengan syarat employer memberlakukan sistem potong gaji ke TKI mereka. Namun, semenjak sering terjadinya kasus TKI kabur dari employer, sistem potong gaji hanya diberlakukan setengahnya saja dari TOTAL BIAYA PEMBERANGKATAN (itupun sekarang sudah jarang yang mau). Orang-orang yang berkeinginan untuk bekerja ke Saudi diharuskan membayar sejumlah uang untuk proses pemberangkatan. Biaya yang harus dibayar adalah TERGANTUNG dari DAERAH TEMPAT TINGGAL TKI, silahkan tanyakan mengenai biaya proses ke kami atau sponsor-sponsor yang ada.

* Catatan penting: Ketika datang pertama kali, setelah kami interview, kami meminta para pelamar untuk melakukan medical check-up, biaya medical check-up Rp.500rb.

2. Bagaimana tentang keresmian/legalitas Proses Pemberangkatan?

Kami menjaga amanah agar para calon TKI diberangkatkan secara resmi sehingga tidak ada pihak yang dirugikan. Tidak mungkin kami memberangkatkan para calon TKI secara ILEGAL karena hal ini dapat pula mencoreng nama baik PJTKI kami di Negara Tujuan. Agar semakin banyak yang mencari tenaga kerja dari Indonesia maka kami bekerja keras untuk menjaga kredibilitas kami.

3. Berapa gaji/Bulan?

Gaji perbulan berbeda-beda tergantung kebijakan dari pihak pemohon TKI. Dibawah ini adalah gambaran gaji untuk TKI di Saudi:

  • Untuk worker non-skill berkisar antara 800-1000 SR/Bulan, makan diberikan majikan, dan ini adalah patokan gaji terendah.
  • Untuk supir mendapat gaji pokok sebesar 1000SR/Bulan dan makan tiap hari bersama majikan tapi bisa juga memilih untuk membeli makanan sendiri dengan gaji sebesar 1.200 SR/Bulan (gaji pokok sebesar 1000SR/Bulan dan juga uang makan sebesar 200SR/Bulan).
  • Untuk skilled-worker mendapatkan fasilitas asrama dan banyak tunjangan-tunjangan, gaji NEGOTIABLE.

4. Berapa lamakah proses pemberangkatan?

Untuk saat ini, lama proses tidak bisa ditentukan, paling cepat memakan waktu 1,5 bulan. Apabila antum merasa bahwa waktu menunggu antum sudah terlalu lama maka dana antum siap untuk kami kembalikan, tentunya dengan potongan dari proses-proses yang telah dilalui.

5. Berapa lamakah kontrak kerjanya?

Tergantung, biasanya minimal 2 (dua) tahun dan bisa diperpanjang.

6. Adakah surat kontrak kerja?

Ada.

7. Majikannya bagaimana?

Para majikan adalah mereka yang mendapatkan referensi-referensi dari kenalan-kenalan kami, insyaa Allooh mereka adalah majikan-majikan yang baik. Untuk saat ini, majikan yang ada pada kami adalah Perusahaan-Perusahaan dan bukan majikan perseorangan.

8. Bagaimana perlindungan terhadap pekerja?

Seperti PJTKI lainnya, kami juga memberikan perhatian kepada seluruh pekerja yang telah kami berangkatkan. Kami usahakan semaksimal mungkin agar para pekerja yang kami berangkatkan tiba di tempat tujuan dan kembali ke Indonesia dengan selamat, beserta dengan usaha Pemerintah dalam melindungi para tenaga kerja. Kami memberangkatkan secara resmi SELURUH calon tenaga kerja yang datang kepada kami.

9. Bisakah belajar (ta’lim) disana?

Untuk employer yang merupakan Perusahaan tentu saja bisa, sebab Perjanjian Kerja dibuat secara tertulis dengan kekuatan hukum yang diakui di Negara tujuan.

Namun, untuk employer yang merupakan majikan perseorangan, maka kami selaku PJTKI hanya memberangkatkan tenaga kerja dan hal itu berada diluar dari job-desk kami. Mengenai hal ini merupakan hak prerogativ dari si majikan. Antum bayangkan saja bahwa dalam satu rumah terdiri dari beberapa anggota keluarga, dan mereka semua mempunyai kepentingan-kepentingan yang berbeda. Ada yang pergi ke pasar, ke sekolah, bekerja, dan lain-lain. Memang tidak dipungkiri bahwa ada juga yang mendapatkan majikan Masyaikh yang hanya menugaskan supirnya untuk mengantar ke Masjid saja saat sholat fardhu. Yang jelas, dalam hal ini kami tidak bisa memastikan dan memberikan janji manis mengenai kondisi si majikan. Perlu dijadikan catatan tersendiri bagi para calon TKI agar menanamkan niat bekerja ke Saudi untuk murni bekerja dan bisa umroh/Haji dengan biaya yang lebih murah, yang seperti ini agar tidak terjadi kekecewaan terhadap para calon TKI.

10. Apa bisa Haji/Umroh?

TENTU!!! Antum kerja di Indonesia selama 1 (satu) tahun di Indonesia dengan gaji kotor dibawah 5 (lima) juta/bulan, belum tentu antum bisa umroh ataupun naik Haji, sedangkan dengan biaya yang disetorkan kepada kami, selain bisa mendapat pekerjaan, antum juga bisa menunaikan umroh atau Haji dengan waktu menunggu yang lebih singkat. Pada Perjanjian Kerja (PK) ada standar dimana para pekerja dipersilahkan menunaikan Haji pada tahun kedua oleh majikan. Pada umumnya, pekerja menunaikan Haji dengan biaya sendiri, tetapi ada juga Pekerja yang menunaikan Haji dimana dananya ditanggung oleh majikan.

11. Selama menunggu, dimana bisa menunggunya & berapa lama waktu menunggu?

Kami menyediakan tempat penampungan calon TKI untuk menunggu di daerah Bekasi, biaya makan ditanggung sendiri. Antum juga diperbolehkan pulang selama masa menunggu, tetapi harus siap ketika kami minta untuk kembali ke kantor untuk menjalani proses selanjutnya.

Untuk saat ini, lama proses tidak bisa ditentukan, paling cepat adalah 1,5 bulan. Apabila antum merasa bahwa waktu menunggu antum sudah terlalu lama maka dana antum siap untuk kami kembalikan, tentunya dengan potongan dari proses-proses yang telah dilalui.

12. Kalau tidak jadi diberangkatkan bagaimana dengan uangnya?

Apabila antum ingin membatalkan proses, maka penggantian uang oleh kami hanyalah sebatas sisa uang setelah dipotong dengan uang yang telah terpakai untuk pengeluaran-pengeluaran seperti penerjemahan-penerjemahan berkas-berkas dan prosedur-prosedur resmi lain semacamnya.

13. Apakah bisa membawa anak dan istri?

Bekerja keluar negeri tidaklah sama dengan belajar ke Saudi. Apabila belajar ke Saudi kita mendapatkan keuntungan yakni bisa membawa anak dan istri, namun bila untuk bekerja maka jarang sekali.

Untuk lowongan formal: ada Perusahaan (contoh: Abdul Latief Jameel atau Toyota Saudi) yang mempersilahkan TKI yang sudah setahun bekerja untuk mengajak istrinya, bahkan Perusahaan memberikan tunjangan-tunjangan.

Untuk lowongan informal: majikan hanya mengeluarkan visa untuk mereka-mereka yang bekerja. Untuk pekerjaan yang memang dibutuhkan sepasang suami-istri, maka hanya istri saja yang diperbolehkan untuk dibawa, dan itupun si istri dengan tujuan untuk bekerja. Info dari teman di Qatar, setelah beberapa tahun bekerja, TKI dimungkinkan membawa istri dan anak. Tergantung kebijakan dari majikan.

14. Bagaimanakah dengan jam kerjanya?

Untuk lowongan formal: kebijakan dibuat secara tertulis, dengan kedudukan hukum yang kuat dan diakui di negara masing-masing.

Untuk lowongan informal: hal ini tergantung kebijakan dari pihak majikan. Antum pertimbangkan hal yang paling apes dan jangan berpikir yang enak-enak dulu agar tidak ada rasa kecewa dikemudian harinya. Untuk supir, anggap saja dalam 1 rumah ada 4 orang yang harus antum antar dengan waktu keluar rumah yang berbeda-beda, bisa jadi antum harus siap dalam waktu 24 jam! Akan tetapi, ada juga kasus dimana seorang pekerja supir mendapat majikan Masyaikh yang hanya menugaskan untuk mengantar bepergian hanya ketika waktu Sholat Fardhu saja ke Masjid.

15. Untuk profesi supir, profesi yang tersedia apakah supir rumah ataukah supir kantor?

Itu tergantung majikan. Pada umumnya adalah supir rumahan, tetapi terkadang ada pula lowongan untuk supir kantor ataupun supir trailer, atau supir bus untuk Perusahaan Abu Sarhad ataupun Farouk Jamil ataupun SAPTCO, supir Graeder (perata tanah), supir Buldoser, supir Beco (pengeruk tanah), supir Wiloder (pengangkut pasir). Untuk saat ini kami sedang banyak sekali permintaan untuk supir Perusahaan.

16. Bagaimana bila tidak bisa langsung melunasi?

Calon TKI kami minta untuk datang saja ke kantor kami & mengikuti tes-tes yang ada, bila sudah jelas diterima maka akan lebih baik bagi calon TKI untuk meminjam uang sementara kepada kerabat terdekat untuk membayar biaya proses. Biaya proses bisa dibayar sebagian terlebih dahulu kemudian sisanya ketika mau berangkat. Atau, calon TKI kami minta untuk menabung & membayar langsung secara TUNAI atau FULL, karena mencari lowongan yang bisa menggunakan sistem potong gaji sudah tidak semudah sebelumnya.

17. Bagaimana apabila belum bisa bahasa Arab atau bahasa Inggris?

Tidak mengapa. Antum bisa menggunakan bahasa isyarat untuk sementara, insyaa Allooh nanti antum pun mudah berkomunikasi karena terbiasa, bahkan mulai bisa berbicara bahasa Arab. Selain itu, karena lowongan yang ada pada kami adalah lowongan-lowongan Perusahaan rekanan kami maka tentunya sudah ada TKI-TKI yang ada disana yang kami berangkatkan terlebih dahulu, jadi untuk komunikasi bisa juga meminta bantuan mereka.

18. Apa syarat pendidikan terakhir untuk posisi supir?

Syarat pendidikan tidak ada, yang penting antum punya SIM A, menyetir lancar, bisa baca dan tulis, serta MAU BEKERJA KERAS saja sudah cukup.

19. Bagaimana teknis pemberangkatannya?

Teknis pemberangkatannya kami yang proses, bisa dilihat pada halaman “PROSEDUR PEMBERANGKATAN“. Kami pasti memberikan arahan kepada antum mengenai apa2 saja yang harus antum lakukan.

20. Apakah ini atas nama PT atau nama pribadi?

Atas nama PT tentunya, silahkan klik halaman “BERKENALAN DENGAN KAMI“. Setiap tenaga kerja yang mau ke luar Negeri harus diberangkatkan melalui PT selaku penanggung jawab, dan tidak bisa dilakukan secara perorangan.

21. Kapan pendaftaran paling lambat?

Kami butuh secepatnya Akhi, siapa cepat dia dapat. Khusus untuk posisi supir, alhamdulillaah kami punya banyak permintaan dan insyaa Allooh ada permintaan terus.

22. Afwan, bisa buat visa bebas apa ngga? Kalo bisa, berapa biayanya?

Alhamdulillaah kami bisa carikan. Biayanya NEGOTIABLE, tergantung daerahnya. Apabila kami memiliki visa bebas, pasti kami informasikan pada halaman INFORMASI VISA BEBAS.

23. Kok di Saudi gajinya kecil banget? Di Jepang dan Korea kan gajinya besar…

Afwan, untuk saat ini memang seperti itu standar di Saudi, silahkan antum periksa sendiri kebenarannya. Selain itu, Saudi tidak pernah terkena inflasi seperti Negara kita, makanya dari dulu sampai sekarang gaji untuk supir 1.200SR dan tetap segitu sampai sekarang. Kita tinggal di Indonesia dengan gaji Rp.5jt/Bulan tapi belum tentu bisa Umroh/Haji, sedangkan di Saudi dengan gaji yang kecil namun peluang menunaikan umroh/Haji terbuka lebar.

24. Ana supir ex-Saudi, dulu gaji ana 2.500SR, kok gaji yang ditawarkan disini kecil ya?

Kami hanya apa adanya saja.

25. Biaya pemberangkatan kok mahal banget si, apa semua PJTKI mematok segitu?

Ya Akhi, semua ini adalah untuk biaya proses pemberangkatan antum sendiri. Apabila antum temukan biaya yang lebih murah, pelayanan dan fasilitas yang lebih baik dari kami ya silahkan, tidak ada paksaan dari kami. Bila ingin menanyakan secara detail mengenai biaya-biaya, maka silahkan Antum datang ke alamat kami pada Halaman “HUBUNGI KAMI“.

26. Apakah prosedur-prosedurnya sudah sesuai syar’i?

Asosiasi medical seluruh indonesia menetapkan dan memberikan standar dalam pengecekan kesehatan bagi calon tenaga kerja Indonesia yang akan berangkat  keluar Negeri, pemeriksaan meliputi: pengambilan darah, tensi darah, ronsen, cek fisik meliputi pemeriksaan seluruh tubuh sehingga calon pekerja diminta untuk membuka pakaian seluruh tubuh yang dimaksudkan untuk melihat apakah calon pekerja pernah mengalami operasi besar/kecil, tato, penyakit kulit yang menular, dan lain-lain. Setelah itu dilakukan pengambilan sampel urin, dan yang terakhir dilakukan proses sidik jari online. Perlu ikhwah ketahui bahwa yang memeriksa bisa lelaki bisa perempuan. Kami tidak janji apa-apa, kami bekerja sama dengan banyak medical centre (dalam salah satu peraturan yang disepakati oleh asosiasi medical centre disebutkan bahwa pasien harus diperiksa dalam keadaan memakai PAKAIAN KHUSUS pasien untuk mengetahui permasalahan fisik seperti tato, panu atau penyakit kulit lain yang menular, pernah mengalami operasi besar atau tidak, dan lain-lain). Kami juga bekerjasama dengan kantor imigrasi untuk pengurusan passport, kantor tenaga kerja, dan BNP2TKI (Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia) yang kesemuanya belum menerapkan prosedur-prosedur sesuai syari’at, mohon do’anya saja.

27. Bagaimana apabila terjadi permasalahan ketika sedang bekerja disana, apakah kami bisa dibantu?

Penjelasan mengenai hal ini bisa antum peroleh ketika sedang menjalani proses PAP (Pembekalan Akhir Pemberangkatan).

28. Siapa saja yang boleh melamar?

Semua kaum Muslimin boleh melamar, yang non-Muslim tidak bisa melamar untuk ke Saudi. Selain Negara Saudi, non-Muslim bisa melamar.

29. Bagaimana apabila terjadi permasalahan-permasalahan ketika sedang mengurus proses pemberangkatan?

Ya Akhi, semua permasalahan-permasalahan yang antum khawatirkan bisa kita bicarakan dengan enak dan nyaman di kantor kami, apabila memang terjadi hal yang tidak antum inginkan, maka kita bisa memproses lebih lanjut hal tersebut hingga tercapainya titik terang. Silahkan antum datang dulu ke kantor kami dan tanyakan semua hal yang antum inginkan sejelas-jelasnya agar tidak ada kesalahpahaman pada tahap selanjutnya.

30. Berapakah kisaran harga-harga makanan disana (Saudi)?

Perlu diketahui bagi calon TKI. Harga beras 5 kg: 23SR, telur 30 butir: 13SR, ayam utuh 1kg tanpa kepala & cakar: -+10SR, roti 5 buah: 1SR (Info ini didapat pada tanggal 20 Oktober 2010).

31. Bagaimana apabila disuruh potong jenggot oleh majikan, terutama kerja di restoran?

Perlu diketahui bahwa di Saudi syari’at sangat dijaga, antum tinggal laporkan saja peristiwa tersebut kepada polisi SYARI’AT/amar ma’ruf nahi munkar. Tidak ada satupun Perusahaan yang memberlakukan peraturan bahwa si pekerja harus memotong jenggot kecuali peraturan yang dibuat-buat oleh oknum, oknum yang bukan merupakan warga Saudi. Justru warga Saudi sangatlah menghormati orang luar yang berkemauan untuk memelihara jenggot. Dalam hal ini, Polisi SYARI’AT/amar ma’ruf nahi munkar memiliki wewenang untuk melakukan tindakan yang lebih daripada polisi biasa.

32. Bagaimana penjelasan detail mengenai pekerjaan mahrom ana sebagai PRT, terus bagaimana juga adat-istiadat orang Saudi? Selain itu, apakah pasangan mahrom ditempatkan dalam satu tempat tinggal oleh majikan?

Informasi dari ikhwan yang sedang bekerja di Saudi (dengan sedikit editan tanpa merubah makna): para TKW PRT yang ada disini biasa kerja dari jam 8.00 sampai jam 23.00 bahkan ada yang 24.00 (bisa dibayangkan?), nggak tentu tergantung kondisi & juga tergantung majikan. Jam makan, adat orang Saudi makan nasi cuman siang aja (jangan berpikir gak dikasi makan pagi & malam), pagi kadang cuma roti begitu juga malam, makan malamnya juga lambat, kadang jam 21.00 kadang jam 22.00 kadang bisa lebih. Adat orang saudi, mau makan baru masak.
Tempat tinggal, sebagian dan kebanyakan majikan memisahkan TKI supir dari mahromnya yang istri (takut hamil! Ini yang masalah…, mereka beralasan sudah mengeluarkan biaya yang besar untuk mendatangkan TKI, jadi gak mau rugi gara2 hamil trus balik kampung. syar’i nggak ya? wAlloohu a’lam…), dan memberi jatah bertemu pada malam hari selepas istri selesai kerja (ada yang sebulan sekali, ada yang seminggu sekali, yaa tergantung majikan). Sebaiknya ketika via telpon atau ketika calon majikan telpon, TKI nego tentang masalah2 ini…

33. Kalo visa biasanya dikirim lewat apa? apa yang dimaksud dengan wakalah? Mohon penjelasannya Baarokallohufikum….

Bismillaah.
Visa bisa dikirim melalui email, untuk lowongan Saudi visa sudah ada di kami, tapi untuk selain Saudi visa dikirim secepatnya setelah data kandidat yang dikirimkan sesuai dengan kriteria lowongan.
Wakalah: salah satu persyaratan yang harus dibuat oleh pemohon tenaga kerja di Saudi, wa fiykum baarokAllooh.

34. Silahkan ditanyakan pada kolom komentar dibawah… Terima kasih.

================================
Hal-hal lain yang perlu diketahui oleh calon TKI:
-UU no.39 tahun 2004 tentang TKI
-NEW SURAT PERNYATAAN TKI
-Persyaratan-Persyaratan TKI
-Gaji dan Fasilitas TKI
-Antum Bertanya Kami Menjawab (untuk TKI)

155 responses to “Antum Bertanya Kami Menjawab

  1. Asslamu’alaikum…
    anak saya umur 20 tahun tamatan pondok bermanhaj salaf insya Allah. Salain supir apa kira kira yang cocok untuknya bisa bekerja di Arab Saudi? Mohon infonya…

  2. bismillah, afwan apa ada lowongan untuk desain / jaga apatemen ? jazakhallahu khair

  3. afwan adik ana supir punya sim, ada minat berangkat tapi sama sekali ga punya biaya insyaallah dia ikhwah salafi apakah untuk saat ini ada majikan yang siap menanggung biayanya keberangkatan?

    • Bismillaah.
      Assalaamu’alaykum.

      Afwan baru balas. Silahkan antum hubungi nomor berikut: 021-80888711 / 081807007004 (Abu Muhammad), Beliau yang punya visanya, insyaa Allooh bisa potong gaji tapi tidak FULL, coba saja hubungi Beliau ya Akh.

      JazaakAlloohu khoyron Akh.

  4. saya laki-laki 22 tahun ijasah sma.bahasa inggris pasif domsili sekarang bandung.dapat operasikan komputer office dan program akuntant ktp non jabotabek (cilacap/jateng).adakah kesempatan untuk kerja di luar negeri dengan gretis mulai dari keberangktan di indonesia sampai pengurusan dokumen visa dan paspor dengan sistem potong gaji.mohn bantuannya. dhani_beez@yahoo.com

    • @Wahyu:
      Bismillaah.
      Assalaamu’alaykum.
      Lowongan yang ada disini semenara adanya untuk ke Saudi saja & belum ada yang dengan sistem potong gaji secara FULL. Adapun info-info terbaru nanti bisa Mas dapatkan dengan SMS ke nomor kami di 087 888 111 933. Terima kasih sudah mengunjungi situs kami Mas.

  5. “Ass wr.wb. Aku ingin nanya,apakah kalau pulang tarhil ,bisa kembali lagi ke saudi ? sy sudah 3tahun sekarang :) mohon ditunggu jawabannya :) ….. Wass wr.wb. ( H.Norsalihon A.

    • wa’alaykumussalaam warohmatulloohi wabarokaatuh.
      Silahkan menunggu sampai 5 (lima) tahun sesuai dengan peraturan yang berlaku Pak, bila sudah 5 (lima) tahun & mau bekerja lagi di Saudi maka jangan ragu untuk menghubungi kami ya Pak, jazaakAlloohu khoyr

  6. Bismillaah, mas tolong informasikan ke ana tentang prosedur antara calon kafil dengan kantor, negonya gitu lho, tertulis. pak subki udah nelpon ke ana, jelas sekali, namun ana perlu yang tertulis, jadi ana mudah untuk menerangkan ke calon kafil, misal berapa lama proses (ada calon majikan yang mau cepat), biaya berapa (jangan lupa fee nya yaa, hehehehehhe), dan yang lain-lain yang yang dianggap perlu. Jazaakumullaahu khoiran katsiira. semoga usaha antum semua diberkahi Allah Ta’ala dan mendapatkan ganjaran yang setimpal dan mudah-mudahan makin maju (biar cepat nikah, hehehehehehhe). ma’a salaamah wa hayyaakumullaah

    • Bismillaah.
      Assalaamu’alaykum.

      Iya Akh, sudah ana kirim ke email antum (abuahmad.yahya@yahoo.co.id). Aamiiiiin atas do’anya, insyaa Allooh Akh secepatnya mengenai hal itu. Jazaakumulloohu khoyron wa yassarolloohu lanal khoyro haitsumma kunna!!

  7. bismillah,,,
    kalo boleh tanya bisa gak kira2 membantu menguruskan keberangkatan ane mulazamah di jami’nya syekh utsaimin??? jzkmlloh akh…

  8. Assalammualaikum
    Bang saya mau tanya bagaimana caranya agar bisa menjadi sponsor ??? tolong balas ke email saya ya bang. di Realmediacom@gmail.com

  9. Apa benar pemerintah arab saudi sementara waktu tidak menerima TKI dari Indonesia dan Filiphina ?

  10. bismiLLAH…

    adakah lowongan untuk dokter disana akhi?
    untuk ana + Zawjati

    jazakaLLOHU khairon

  11. mau pergi ke saudi jadi supir

  12. apakah ada lowongan sekarang

  13. ass…
    kalo tki membatalkan keberangkatannya karena dia hamil d penampungan??? krn sebelum brgkt ke penampungan dy sempat berhubungan dengan suaminya. itu gimana??? harus bayar ganti rugi juga tkinya??? trims

  14. apakah ada agen daerah di sariwarti yangb bernama RINI SETIANI asal Maros, Makassar – sulawesi selatan

  15. apakah ada lowongan untuk penerjemah

  16. saya baru pulang dri saudi (riyad),ingin kembali lagi bekerja di sana sbgai driver,apakah masih terbuka /visa driver masih ada ? (trim’)

  17. assalamualaikum wr wb.nama saya ayda,saya mau nanya katanya penerbangan tki di hentikan tapi kalau saya mau kesana bagaimana caranya?karna saya punya kenalan disana dia mau mempekerjakan saya di tempatnya,orangnya baik.dan apa saja dokumen yang harus saya siapkan terimakasi.wassalam.ini no sy 081803712736

  18. mohon maaf,bisakah anda memberikan imformasinya dgn cepat,terimakasi.

  19. krm ke email sy ya

  20. lowongan untuk TKW yang ke saudi sudah dibuka belum ya?

  21. Assalamualaikum.
    ada lowongan bidang pertanian akh ?
    Ana Sarjana Pertanian
    Jazakallah khair

  22. بسم الله الرحمن الرحيم
    Kalo visa biasanya dikirim lewat apa? apa yang dimaksud dengan wakalah? Mohon penjelasannya Baarokallohufikum….

    • Bismillaah.
      Visa bisa dikirim melalui email, untuk lowongan Saudi visa sudah ada di kami, tapi untuk selain Saudi visa dikirim secepatnya setelah data kandidat yang dikirimkan sesuai dengan kriteria lowongan.
      Wakalah: salah satu persyaratan yang harus dibuat oleh pemohon tenaga kerja di Saudi, wa fiykum baarokAllooh.

  23. saya mau tanya brapa nio kantor pt bagoes bersaudara pusat jl pancoran barat no 22

  24. Bissmillah….
    Afwan Akh….kalau buka perwakilan dibatam bisa ga ya….?
    Ana buka travel dibatam dan tertarik untuk kerja sama dengan PT.BAGOES BERSAUDARA. Syaratnya apa saja…?
    ini email Ana:
    abdulhaqfaatih57@yahoo.com
    atau
    wildantravel57@yahoo.com
    Syukron.

    • Bismillaah.
      Bisa, untuk surat keterangan baru bisa kami buatkan apabila antum sudah pernah setor TKL ke kami. Sedangkan untuk agar terdaftar di blog ini, antum cukup kirimkan 2 lembar fotokopi KTP beserta 2 lembar pasfoto berwarna ukuran 3×4, kemudian tuliskan daerah operasional dan nomor rekening antum dibelakang fotokopi KTP, kirimkan ke alamat:
      PT.Bagoes Bersaudara
      Jl.Mangga I no.63, Jatimakmur, Pondok Gede, Bekasi, Jawa Barat.
      Jazaakumulloohu khoyron Akhi.

  25. Abu 'Abdillah 'AbdulQodir ibn Katma

    بسم الله الرحمن الرحيم
    السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
    Akhi ,ana mau bertanya,untuk lowongan mekanik di Toyota Saudi Ada pelatihannya nggak? Ana sangat berminat tapi ana belum bisa mekanik Mobil..
    Di tunggu informasinya

    شكرا وجزاكم الله خيرا

    • @Abu ‘Abdillah ‘abdulQodir ibn Katma:
      wa’alaykumussalaam warohmatulloohi wabarokaatuh. Pelatihannya ada, biaya bisa disesuaikan dengan kemampuan. Biaya berkisar dari Rp.10jt hingga Rp.50jt, antum siapkan saja biaya sejumlah itu, hubungi 087888111933, afwan wa jazaakumulloohu ahsanal jazaa.

  26. ada info kerjaan cleaning service masjidil haram musim haji
    seperti progam tahun lalu ndak akhi ?

  27. assalamu’alaikum,
    setelah ana membaca beberapa artikelnya ana sangat terkesan atas kebenaran infonya. sbb ana pernah beberapa kali ke saudi menunaikan ibadah Hajji dan bekerja di travel hajji. ana sofyan umur 37 th, ana pernah belajar di alAzhar cairo mesir slama 6 th di fak Syariah Islamiyyah TH 1996 – 2002. Bahasa yg ana kuasai arab dan english. skill yg ana kuasai slain akademis program punching bordir komputer (embroidery computerized) serta mekanik atau maintence mesinnya, motong bahan konveksi, guide hajii umrah, memiliki sim A, dan berminat belajar mekanik otomotive. yang mau ana tanyakan kira-kira ada job atau job apa yg kira-kira bisa buat ana. syukron jazilan. smoga tambah sukses dan semangat slalu dalam menggapai Rahmat dan Ridho Allah. Amin Ya rabb
    assalamu’alaikum

    • wa’alaykumussalaam warohmatulloohi wabarokaatuh. Membaca komentar antum ana rasa ana harus manggilnya Ustadz nih. Ustadz, untuk sekarang ini yang cocok dengan Ustadz adalah Manager Operasional, berikut ini detailnya:

      PT. Raha International bersama PT. Haramain tour membuka lowongan kerja sebagai berikut:

      1. Manager Operasional EO ( Kode: MO)
      Gambaran Umum:
      Bertanggung jawab atas seluruh kegiatan operasional jamaah umroh dan haji sejak kedatangan sampai kepulangan, serta penanggung jawab marketing produk berupa hotel, EO dan yang terkait.
      Mengkoordinasi tim di Saudi dan diluar Saudi.
      Penempatan : Madinah munawwaroh, KSA
      Persyaratan:
      a) Laki-laki minimal berusia 21 tahun.
      b) Memiliki kemampuan bahasa arab dan inggris. (Komunikasi mutlak)
      c) Ijazah minimal setaraf SMU (baik pesantren maupun lainnya)
      d) Menguasai minimal microsoft office, dan internet basic.
      e) Siap bekerja keras dan all out
      f) Memiliki kemampuan organisasi, bergaul dan meloby.
      g) Siap mengikuti peraturan perusahaan.
      Fasilitas yang didapatkan:
      a) Gaji Pokok yang menggiurkan
      b) Bonus target pekerjaan.
      c) Visa.
      d) Uang pengganti biaya akomodasi.
      Catatan: Lebih diutamakan apabila sudah berdomisili di KSA dan siap pindah kafalah (naql kafalah)
      Bagi yang berminat segera kirim berkas sebelum tanggal 15 Februari 2013 ke karirsaudi@gmail.com dengan ketentuan sbb:
      a. Title dalam email cantumkan cukup KODE lowongan pekerjaan.
      b. Attachment yang diwajibkan;
       CV lengkap berbahasa inggris (Curriculum Vitae) disertai foto langsung dalam CV tersebut
       Ijazah akhir dan nilainya
       KTP dan akte kelahiran
       Sertifikat bukti pengalaman kerja, pelatihan dan kursus, atau lainnya jika ada.
       Foto full badan dalam file attachment tersendiri.

  28. Barakallahu fikum dan Syukron jazilan atas masukan dan tanggapannya, ana sangat antusias skali. afwan ana baru balas emailnya sbb br buka emailnya hari ini. InsyaAllah ana sgt mengerti job tersebut sbb slama ana beberakali melaksanakan ibadah Hajji ana sambil bekerja dengan Hagel travel (agent singapore) dan ditugasi hal-hal tersebut mulai dari catering, akomodasi hotel kemah Arofah Mina, tranportasi bis, mengawasi pengiriman air zamzam tuk jamaah, menkordinir jamaah yg memerlukan kursi roda dan mengurus jamaah yg sakit dan meninggal, dll. Dan klo mau cross cek bisa langsung tanyakan ke pimpinan hagel travel pte ltd singapore syed agil al kaff, InsyaAllah beliau masih ingat. InsyaAllah cv dan persyaratannya sgera ana kirimkan. terima kasih

  29. Assalamu’alaikum… Ana seorang pelajar di Madinah. 2 bulan lalu alhamdulillah baru menikah. Istri ana seorang perawat dan pernah bkrja d salah satu RS di Gassim, Saudi Arabia. Bisakah antum mmberi info ttg loker perawat atau visa bebas utk istri ana? Jazakallahukhair…

    • wa’alaykumussalaam warohmatulloohi wabarokaatuh.
      Bisa menggunakan visa ziaroh, tapi kami kenakan biaya sebesar Rp.40jt seperti keterangan terbaru yang sudah kami sebutkan pada halaman beranda kami, wa jazaakumulloohu ahsanal jazaa.

  30. assalamu alaikum. saya mau nanya apakah ada visa untuk belajar di makkah seperti visa bebas gitu..????…. kalau pun ada atau tiada saya mau tau infonya. krn saya kepengen belajar sambil kerja disana. syukron

  31. assalamu alaekum ,saya punya sodara laki umur 24 thn ,dia mau kerja ke saudi apa ada vissa nya buat yang NON ???

  32. assalamu’alaikum wr wb saya ingin bertanya apakah ada lowongan untuk jadi supir disaudi dan biaya pendaftaran xa bisa potong gajih….sukron pak mohon dibalas di email saya akhmadfarhani@ymail.com

  33. assalamu’alaikum wr wb saya sdh beberapa kali bertanya kpda antum dan smpai skrng antum blum membalas pertanyaan ana….
    tolong kasih info nya
    wassalam

  34. assalamu’alaikum saya ingin bertanya apakah ada soal biaya pendaftaran bisa potong gajih….
    mohon informasi xa
    wassalam
    akhmadfarhani@ymail.com

    • wa’alaykumussalaam warohmatulloohi wabarokaatuh.
      Iya, bisa Pak.

      • jd skrg sdh bisa ya pak soal pendaftaran full ke pt bpak bisa potong gajih dsna…
        sblumnya saya mnt mf ya pak saya ingin skli bekerja kesaudi/dimekkah tp saya enga punya uang sebanyak itu…
        lgi pula keahlian saya cuma menyupir…
        apakah bpak mau menolongi saya pak…
        saya mohon ya pak

      • Mohon ma’af Pak, untuk potong gaji FULL sekarang sudah tidak bisa, silahkan Bapak menabung saja dulu sembari mencari pekerjaan dalam negeri atau Bapak bisa mencari link lain yang menyediakan potong gaji FULL. Terima kasih.

      • saya mohon kpd bpak agar mau menerima saya sbgai ctki kesaudi…saya janji saya akan lunasi semuanya bpak…saya mohon kpda bpak agar sekiranya mau berkenan menolong saya….

  35. bagaimana prosedur membawa istri ke KSA dengan profesi informal(sopir)?dan berapa biaya yang harus saya keluarkan?terima kasih

    • Prosedurnya adalah istri Bapak datang ke kantor kami untuk mendapat penjelasan dari kami. Biayanya sesuai dengan harga visa bebas, hubungi kami di 087888111933. Terima kasih kembali.

  36. apakah ada dokter atau medical center yang bisa diajak kerjasama untuk mencarikan alternatif pengganti dari pemeriksaan fisik, seperti bersumpah bahwa tidak pernah operasi, punya tato atau penyakit kulit ?
    atau di negeri mana yang pemeriksaan fisiknya yang tidak kelewatan seperti itu ? apa medical check upnya tidak bisa dilakukan di saudi saja ?

    • Kami do’akan semoga Bapak bisa membuat PJTKI dan medical centre yang sesuai syar’i Pak.

      Kalau medical check-up di Saudi boleh saja, tapi kalau ada TKI yang ternyata UNFIT ketika disana maka Bapak bersedia menjadi donatur untuk tiket kepulangannya. Bagaimana?

  37. Saya mohon maaf kalau telah meyinggung perasaan anda. memang tidak mudah mengelolal sebuah pjtki yang 100 % tidak menyalahi syari’at di negeri seperti indonesia ini. dalam pandangan saya apa yang telah situs ini tawarkan dalam banyak hal sangat luar biasa, dan sempurna dalam banyak hal, kecuali satu hal itu, yaitu pemeriksaan fisik saat medical check up. saya hanya ingin menanyakan kemungkinan untuk menghindari pemeriksaan fisik tersebut, barangkali diantara sekian banyak dokter yang bertugas untuk melaksanakan medical check up ada yang juga kurang sreg dengan aturan ini, dan mungkin juga dari sekian dokter yang kurang sreg itu ada yang bersedia menerima (percaya) pada sumpah dan kesaksian. sekali lagi saya mohon maaf kalau ada kata yang kurang berkenan atau kurang pada tempatnya. semoga usaha anda dimudahkan.

    • Alloohu A’lam, memang seperti itulah kenyataan yang ada, dan kami tidak marah mengenai itu, kami hanya apa adanya saja. Disini kami sebisa mungkin tidak menutupi informasi yang dirasa bermanfaat atau penting untuk diketahui. Oleh karena itu, kami publikasikan pula proses medical check-up dengan tujuan agar para kandidat tidak kaget. Kamilah yang memohon ma’af dengan segala kekurangan yang ada pada kami. Mungkin antum bisa konsultasikan kepada Ustadz yang pernah kerja di Saudi mengenai medical centre ini, kemudian tidak ada paksaan, apakah antum mau berangkat ke Saudi atau tidaknya, juga mengenai kredibilitas PJTKI.NET ataupun link lain yang dirasa dapat lebih dipercaya. Aamiiiiin dan semoga Allooh memberikan yang lebih baik kepada antum, wassalaamu’alaykum.

  38. assalamu ‘alaykum tolong info lowongan cleaning service masjidil haram. Syukron

  39. assalamu ‘alaykum
    ana berumur 25 tahun, lulusan S1 hukum. tolong info lowongan di kota makkah yang cocok buat saya. Syukron

  40. Assalamu’alaykum wr.wb.
    Mohon persyaratan dan biayanya untuk kerja di cleaning servic di masjidil haram atau masjid nabawi untuk tahun ini,syukron katsir.
    Wassalamu’alaykum Wr.Wb.

    • wa’alaykumussalaam warohmatulloohi wabarokaatuh.
      Tidak ada persyaratan khusus Pak.., hanya saja biayanya sekarang ini sangat tinggi (terhitung sejak 27 Juni 2013 biaya prosesnya naik menjadi Rp.21jt). Saran kami silahkan melamar sebagai konstruksi untuk pembangunan Masjidil Harom sebab biayanya lebih terjangkau. Informasi terbarunya kami tampilkan pada beranda web ini. Terima kasih sudah menghubungi kami Pak.

      • Sypria usia 34 th s1 pendidikan agama islam..ingin sekali bekerjai saudi sambil belajar ilmu agama terutama bahasa arab..apakah pekerjaan yg cocok untuk sy..syukron

      • Ada, sebagai supir madrosah di Riyadh dengan istri antum, tapi nanti kami bukanya lagi tanggal 20 Agustus 2013. Afwan wassalaamu’alaykum.

  41. Assallamualaikum.. Apa ada jon formal untuk wanita di saudi atau informal di dubai tapi call visa ?

  42. ada lowongan untuk perempuan sebagai cleaning service mesjid nabawi?
    atau guru SD, SMP, SMU di ksa?

    • Lowongan cleaning service di Madinah ada, tapi bukan di Masjid Nabawi. Lowongan supir suami istri di Abu Dhabi ada, tapi lowongan guru tidak ada. Syukron atas komentarnya.

  43. Assalaamu’alaikum……Saya tertarik untuk bekerja di saudi arabia ataupun qatar…ada gak lowongan untuk IT tetapi saya lulusan SMA atau mungkin yang cocok apa neh skill saya teknik komputer / bisa komputer, barangkali untuk electrician, mekanik otomotif juga gak apa2 asalkan ada training terlebih dahulu…. maw tanya lagi pak, apa bisa/apa boleh segala pembiayaan dipotong gaji atau setelah saya bekerja beberapa bulan, saya tertarik bekerja ke luar negeri terutama saudai arabia atau qatar terbentur oleh dana biayanya pak… semoga bisa membantu saya…
    Demikian mohon penjelasannya..jazakumullah khairon..

    • wa’alaykumussalaam warohmatulloohi wabarokaatuh.
      1. Lowongan IT belum ada.
      2. Electrician sedang kosong, tidak ada trainingnya.
      3. Prosedur pembayaran sesuai yang kami jabarkan. Bapak bisa menabung dahulu atau bekerja saja didalam Negeri bila memang berat untuk kerja keluar negeri.
      4. wa jazaakumulloohu ahsan aljazaa.

  44. kalau misalkan aku mau ke riyadh saudi arabia…..pengen visa buat 2mggu itu ngurus nya brp yah……tolong jawab saya pngen ke saudi akhir agustus……

  45. ahlen saya zakia……..tolong dong balasan nya saya pengen visa vissit ke riyadh saudi arabia…..tapi untuk 2 mggu atau 3 mggu ……umur saya 20 tahun…..itu kira kira brapa yah ….terima kasih ,,,,tolong balasannya secepatnya….karna saya pngen ke saudia ahir agustus….tolong bantuannya yah

  46. saya seorang manager operasi bank syariah, apakah ada lowongan untuk skill saya tersebut, mohon infonya akhi, jzklmh

  47. Assalaamu’alaikum… terimakasih sekali atas penjelasannya pak….mau bertanya lagi pak, untuk pelatihan Montir mobil apakah di jamin bisa bekerja ke toyota saudi arabia?? berapa biaya totalnya ya pak??? berapa bulan saya harus belajar pelatihan montir apakah cukup dengan 3 bulan karna saya tak memiliki dasar montir…

  48. saya mau menanyakan berapa sih sebenarnya biaya cek medikal untuk tki formal ke Malaysia untuk propinsi sumatera utara..dan wajibkah tki cek medikal lagi jika pulang cuti untuk perpanjang ktkln..sementara permit kerja sudah diperpanjang dan dinyatakan fit di negara tempat bekerja..???

    • Biasanya biaya medical check-up ke Malaysia mengikuti medical center yang menjadi rekanan PJTKI yang memiliki informasi lowongan. Biayanya bervariasi Pak, beda PJTKI beda pula biayanya. Biasanya disebutkan oleh PJTKI tersebut sebelum kandidat yakin, dan kandidat dibebaskan memilih untuk melanjutkan atau tidak.

      Mengenai medical check-up ulang setelah cuti maka itu tergantung kebijakan dari Perusahaan asing dan PJTKI Pak. Terima kasih atas komentarnya.

  49. Assalaamu’alaikum……Saya tertarik untuk bekerja di saudi arabia ataupun qatar…ada gak lowongan untuk Dlll Teknik Mesin atau mungkin yang cocok apa neh skill saya teknik mesin / bisa komputer dan lancar B.Inggris, barangkali untuk electrician, mekanik otomotif juga gak apa2 asalkan ada training dahulu ,dan ada tidak Negara lain selain di Saudi Arabia misal di Europe Ataupun USA semoga bisa membantu saya…
    Demikian mohon penjelasannya..jazakumullah khairon..

  50. asslamu’alaikum nama ana angga umur 23 thn ijazah sma,ana berminat sekali bekerja di sana!ana bisa mengoperasikan komputer office dan teknisi mesin sepeda motor dan memasak tapi pengalaman ana di kuliner tidak lama hanya 4 bulan aja akhii!ada tidak ya lowongan sesuai yg ana bisa?tolng infonya akhii

    syukran jazakallah hukhairaan waa barakallahu fiikum.
    wassalamu’alaikum!

    • wa’alaykumussalaam warohmatulloohi wabarokaatuh.
      Kalau berminat bisa masuk ke perhotelan atau restoran, namun siapkan biaya sebesar Rp.9jt (bisa kurang bisa lebih).
      Afwan wa antum fajazaakumulloohu khoyron wa fiykum baarokAllooh.

  51. Assalaamu’alaikum… terimakasih sekali atas penjelasannya pak….mau bertanya lagi pak, untuk pelatihan Montir mobil apakah di jamin bisa bekerja ke toyota saudi arabia?? berapa biaya totalnya ya pak??? berapa bulan saya harus belajar pelatihan montir apakah cukup dengan 3 bulan karna saya tak memiliki dasar montir…

    • wa’alaykumussalaam warohmatulloohi wabarokaatuh.
      Ya kalau Bapak ragu ya tidak usah, untuk pelatihan silahkan Bapak tanyakan langsung detailnya ke Bapak Ridwan 081398831344 ya Pak, takutnya kami salah dalam memberi penjelasan. Terima kasih sudah menghubungi kami Pak.

  52. assalamu’alaikum… saya pria usia 31th. pendidikan terakhir STM automotive, tapi pengalaman bkerja saya maintenance mesin textile. kira2 ad ga lwongan krja untuk saya di saudi? atas jawabannya terimakasih…

    • wa’alaykumussalaam warohmatulloohi wabarokaatuuh.
      Untuk Bapak silahkan Bapak coba datang saja dengan membawa surat lamaran beserta biodata ya Pak.
      Kalau lokasi Bapak jauh lebih baik surat lamaran dan biodatanya dikirim saja dulu deh ke alamat rumah saya Pak di Jl.Dewi Shinta Blok O no.4, RT.11/RW.08, Kelapa Gading Timur, Jakarta Utara 14240. HP.087888111933, nanti kalau ada yang sesuai bisa langsung kami panggil. Jangan lupa sertakan lowongan yang diminati beserta alternatif lowongan-lowongan lain yang Bapak minati yah. Serta Negara-Negara tujuan yang diminati. Kalau via email responnya lambat sebab Direktur kami sering bepergian. Terima kasih kembali Pak.

  53. Assalamu’alaikum…
    saya mau tanya, saya laki-laki usia 31 thun, pendidikan terakhir SMK Automotive dengan pengalaman bekerja teknisi mesin tekstile. ada gak lwongan di saudi yang setidaknya menyerupai background saya tersebut. mohon infonya Jzkmllh…..

    • wa’alaykumussalaam warohmatulloohi wabarokaatuh.
      Coba melamar sebagai mekanik kalau mau Pak, kalau Bapak mau, Bapak juga bisa mencoba melamar sebagai worker.
      jazaakumullooh apa Pak?
      Jazaakumulloohu khoyron Pak.

  54. Assalamualaikum wrwbh..
    Sy laki2,tmtn smu tpi gk punya skill,apa yg hrus sy lkukn sementra sy brmnat mnjd tki didaerh saudi.lalu bgimn msalh akte lahir karna masa kecil sy gkda ditnya soal itu,sementra ortu tgl ibu.
    Tlng solusi’y

    • wa’alaykumussalaam warohmatulloohi wabarokaatuh.
      Selama Bapak cukup umur, memiliki keahlian sesuai yang dibutuhkan, sehat secara fisik, dan memiliki dana untuk biaya proses maka kami bisa bantu Bapak.

  55. Ass,,
    Sy mau urus paspor ditmpt sy,trus ditnya tujuan’y,sesuai rencna mau jd tki,
    Tlong bgaimna untuk hal ini,apa bisa emas hidup kirim surat keterangan ke email sy??
    Apa bsa sy download di web ini,mhon ktrngn’y,mksh wss.
    Email sy : ananda_putra10@y

  56. aswrwb.
    sy bekerja di persahaan salah satu BUMN di Palembang , sebentar lagi sy mau memasuki masa pensiun, sy berniat mau tinggal di madinah beserta istri ( utk sementara tanpa bawa anak ) , setelah tinggal di madinah sy dan intri mau buka usaha kecil2an utk menyambung hidup sj ,sambil beribadah
    yg ingin sy tanyakan apakah bs ? bagaiman caranx ? utk mendptkan rmh kontrak bgm caranya ? persyaratan apa sj yg hrs sy penuhi ?. brp lama sy dpt tinggal di madina. tks, wswrwb

  57. Assalaamu’alaykum saya riyan dari jakarta

    mau tanya ?? apakah ada kerjaan buat saya yg hanya punya ijaza smp saja, misalnya clening service atau ofice boy mungkin tukang kebun kalo pun itu bisa

    • wa’alaykumussalaam warohmatulloohi wabarokaatuh.
      Coba Bapak kirimkan biodata berbahasa inggris (yang ada pasfotonya), sertakan pula scan passport dan ijazah-ijazah ataupun sertifikat-sertifikat yang dimiliki, kirimkan via email ke pjtki.net@gmail.com ya Pak. Nanti kalau ada lowongan yang sesuai baru kami kabari Bapak beserta biayanya sebab bervariasi biayanya. Nanti tinggal Bapak yang tentukan sendiri mau lanjut atau tidaknya.

      Terima kasih atas komentar Bapak.

    • Bismillaah.
      Kami ada lowongan untuk operator pabrik pengalengan ikan, bila berminat silahkan hubungi 087888111933. Terima kasih.

  58. Bismillaah….
    Afwan akhi…mau tanya ada lowongan untuk di jeddah ga,,,
    saya dulu pernah kerja slama 7th di maktab istikdam, di pabrik emas,di toko emas,di toko jam,toko jawwal,dan pengawalan jema’ah haji,,,dulu saya di riyadh,damam,dan alkhobar,..klo ada hubungi saya,,,
    , Syukran wa jazakallahu khairan.

    • wa’alaykumussalaam warohmatulloohi wabarokaatuh.
      Coba Bapak kirimkan biodata berbahasa inggris (yang ada pasfotonya), sertakan pula scan passport dan ijazah-ijazah ataupun sertifikat-sertifikat yang dimiliki, kirimkan via email ke pjtki.net@gmail.com ya Pak. Nanti kalau ada lowongan yang sesuai baru kami kabari Bapak beserta biayanya sebab bervariasi biayanya. Nanti tinggal Bapak yang tentukan sendiri mau lanjut atau tidaknya.

      Afwan wa jazaakumulloohu ahsan aljazaa.

  59. Assalaamu’alaikum warohmatullaahi wabarokaatuh, Maaf Pa saya mau tanya apakah scan passport itu salah satu persyaratan untuk melamar ? soalnya saya belum memiliki passport ! Barokallaah.

  60. Bismillaah….
    Mau tanya akh, adakah lowongan bagi tenaga akuntan/ auditor di perusahaan Arab Saudi?? ana lulusan setingkat sajana dan berpengalaman bekerja sbg auditor selama 4 tahun. HP : 081386120360
    Jazakallah info nya.

  61. saya mau kemana aja tp saya gak bisa bahasa gimana donk??

  62. untuk gaji catering di saudi berapa ya???

  63. Bismillah….
    ana mau tanya sekiranya misal klau kontrak kita kerja 2 thn, lalu ana kerja sudah pertengahan tahun atau belum sampai kontrak selesai, ana minta izin pulang ketanah air karena orang tua kita kena musibah atau hal lainnya yg sangat darurat itu bagaimana nantinya?

  64. saya ingin kerja di timur tengah.background saya IT.lulusan s1.bisa berbahasa inggris dan bahasa arab.kerja apa saja mau asal halal.jika ada lowongan tolong hubungi saya lewat email ke lutfiahmad@yahoo.com

  65. Novi Muhamad Anshor

    Assalamu’alaikum wr. Wb.
    Umur saya 39 tahun lulusan SLTA, SIM A umum. Ada lowongan nggak buat saya di Masjidilharom Mekkah untuk posisi cleaning service dan atau driver. Mohon informasinya via email atau sms di+6281909666119.
    Terima kasih – Salam

  66. Bismillaah.
    Assalaamu’alaykum.
    pak….ada visa untuk kerja di warsa atau masna dahab ga…dikota mana aja yg penting di saudi..
    saya ex saudi dulu di masna dahab al otair..

  67. Assalamualaikum, maaf sebelumnya, sy minta informasi ttg lowongan kerja di saudi arabia klu bisa dikota makkah, sekedar info sy lulusan teknik sipil universitas negeri umur 32 thn bahasa inggris dan arab kurang lancar, sy pernah bekerja jd kontraktor dan konsultan pengawas untuk proyek hotel dan apartemen serta mall klu bisa sy minta tlng di beri infox, syukron tlng balas di email sy : kaisarruslan@gmail.com

  68. BISMILLAH.assalamu’alaikum.
    afwan,ana arif apriyanto usia 25 tahun dan masih single. ana lulusan kedokteran tahun 2012. ana sudah pernah bekerja di rumah sakit,klinik -klinik swasta dan saat ini bekerja di salah satu perusahaan di kalimantan tengah.apakah ada lowongan untuk dokter di arab saudi? apabila ada penempatan di rumah sakit atau di klinik di arab saudi?dari sebelum lulus ana ingin bekerja di arab saudi.mohon infonya. email ana :apriyantoarif 6045@gmail.com.
    jazaakumulloh khoiron katsiron

    • wa ‘alaykumussalaam warohmatulloohi wabarokaatuh. Lowongannya sih waktu itu ada Pak, tapi sekarang sudah terisi. Silahkan Bapak kirimkan saja dulu biodata berbahasa inggris Bapak via email di pjtki.net@gmail.com ya Pak, apabila nanti memang ada lagi maka Pak Dokter akan kami hubungi, wa jazaakumulloohu ahsan aljazaa.

  69. assalamu`alaikum wr wb, sy umur 50 th, lulusan D3 statistik,pengalamannya hanya sbg pemasaran buku cetak,apakah sy bisa kerja di arab saudi ?

  70. Pak saya mau nanya,saya sudah 2 kali ke saudi,pertama 4 tahun,kemudian 2 tahun,(2010-2012)pulang terakhir belum exit,status re-entry,tapi saya ng kembali kesaudi,status kontrk sudah selesai dan sekarang hampir 2 tahun berlalu,ada kesempatan kerja lagi beda perusahan.apakah saya masih bisa kembali kesaudi,karena saya tidak pernah ditarhil,dan tidak pernah melanggar hukum dan keimigrasian di saudi,Hanya masalah cuti ng balik,karena alasan tertentu,demikian terima kasih pak,mohon keterangan nya.

    • Bismillaah.
      Ma’af baru balas Pak, terus terang saja Pak, kami pernah memberangkatkan orang yang jarak selesai kontraknya lebih lama dari Bapak, yakni 8 tahun, dengan status membawa audah tentunya. Kandidat kami berangkatkan ke Jeddah, tidak lama kandidat tersebut di-deportasi setelah mencicipi nuansa penjara terlebih dahulu alias kembali ke Indonesia dengan status ditarhil. Ya itulah gambarannya Pak, waktu itu memang kami belum tahu, jadi sekarang saran kami adalah agar Bapak kembali dulu ke majikan lama Bapak, dan jelaskan bahwa Bapak mau melanjutkan kerja hingga kontrak selesai, jelaskan pula alasan mengapa lama sekali Bapak baru kembali ke majikan. Terima kasih kembali ya Pak, semoga jawaban kami dapat membantu.

  71. assalamu’alaikum wr wb,
    Saya berpengalaman menjadi driver di sebuah perusaha yang bergerak di bidang perbankan di jakarta Selama 4 tahun,dan sebelumnnya saya bekerja di industry septu di kota Tangerang.dan saat ini saya sudah tidak bekerja lagi di perusahaan tersebut,di karnakan saya ingin membawa pindah anak istri supaya tinggal di kampung Halaman ( di garut ).tetapi dengan sudah terbiasa saya bekerja saaat ini saya sedang menganggur dan ingin sekali saya bekerja ke arab saudi dengan tujuan mudah2an selain bisa bekerja saya juga dapat menunaikan ibadah haji, amin.mudah 2an dengan jalannya dari bapak/ibu saya bisa dapat bekerja kesana.terimakasih wassalamualaikum wr wb. Call :085212257005

    • wa’alaykumussalaam warohmatulloohi wabarokaatuh.
      Terima kasih sudah menghubungi langsung ke nomor HP saya Pak, ma’af nih baru OL. Semoga Allooh memberikan kemudahan untuk urusan Bapak.

  72. Assalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh.
    Saya ingin mencarikan pekerjaan utk suami saya.
    Tamatan SMK, usia 29 th, saat ini bekerja sbg kepala bengkel motor honda.
    Bahasa Inggris & Arab pasif. Mohon info lowongan kerja yg tersedia. Syukran. Jazakallah khair akhi.

    • wa’alaykumussalaam warohmatulloohi wabarokaatuh.
      Kalau lowongan untuk bengkel kami adanya untuk bengkel mobil Bu, kalau suami Ibu bersedia bekerja sebagai worker di rumah makan di Makkah silahkan langsung hubungi kami di 087888111933 ya Bu, wa jazaakillaahu khoyroo.

  73. Bismillah
    ana tamatan smk teknik mesin, sekarang bekerja di pabrik kimia asam nitrat & ammonium nitrate sebagai panel operator, tapi sambil kuliah… sekarang sudah lulus kuliah S1 jurusan Teknik mesin, adakah lowongan yang cocok untuk saya?

    • Bismillaah.
      Alhamdulillaah, in syaa Allooh ada Pak, kami bisa arahkan Bapak untuk bidang mekanik Toyota ataupun mekanik mobil diesel, silahkan hubungi kami di nomor 087888111933. Terima kasih.

  74. Bismillah: sya lulussan tekhnik elektronika s1, bisa service PC,tau oprasikan Komputer,menurut akhi sya cari visa kerja apa ya?? oo iya kalau ada visa kerja hotel/aprtemen dekat madinah atau mekkah, dakat nabawi atau masjidil haram, kalau adanya di tempat lain ya gpp ana minta ta’awunnya, ana vico romandika no hp 0817458383 umur 30!!!

  75. Bismillah…
    Ana tamatan S1 Teknik Mesin, sekarang bekerja di pabrik asam nitrat & ammonium nitrate. pada saat bekerja dulu, masih menggunakan ijazah SMK Teknik Mesin, adakah lowongan kerja yang cocok untuk ana di negeri muslim semisal Saudi Arabia atau Qatar..

  76. Bismillah…
    Masih adakah lowongan Toyota Saudi? Syukron

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s